Babinsa Pelda Andre Rasyid Sebut Memutus Mata Rantai Covid-19, Tugas Bersama 

Babinsa Pelda Andre Rasyid Sebut Memutus Mata Rantai Covid-19, Tugas Bersama 
Pelda Andre Rasyid bersama anggota Koramil 02 Kota saat melakukan penyemprotan disinfektan di Masjid Al Hikmah.(celotehriau.com)

CELOTEHRIAU--Coronavirus disease (Covid-19) yang sejak Maret 2020 lalu melanda Indonesia  masih menjadi ancaman bersama. Saat ini, upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 menjadi tanggung jawab seluruh elemen masyarakat. 

Salahsatunya penyemprotan disinfektan yang terus dilakukan TNI -Polri dengan masyarakat sebagai langkah nyata memutus penyebaran wabah untuk memberikan rasa aman dan kenyamanan bagi masyarakat.

Giat itu juga menjadi salahsatu rutinitas Babinsa Kelurahan Simpang empat Pelda Andre Rasyid  dan Serda Surya Ramadhani Koramil 02/Kota Kodim 0301/Pekanbaru diwilayah teritorialnya.

Dibantu personil Koramil 02 Kota dan pengurus masjid Ustad Ali dan Ketua RW 02 Syamsul Bahri, Sabtu (3/10/2020), dua Babinsa ini mengguyurkan  cairan disinfektan ke Masjid Al Hikmah yang terletak di Jalan Bima Kelurahan Sumpang Empat Kecamatan Pekanbaru Kota.

Penyemprotan dilakukan pada seluruh area masjid.Mulai dari halaman luar masjid dan setiap ruangan dalam masjid dan fasilitas lainnya menjadi sasaran pengguguran cairan disinfektan 

Pelda Andre Rasyid mengatakan, penyemprotan disinfektan ini rutin dilakukan dan menjadi  tanggung jawab bersama. Selain penyemprotan disinfektan, Babinsa  juga mengimbau pengurus untuk melakukan  pemeriksaan suhu tubuh kepada semua jamaah dan yang akan beribadah dimasjid yang terletak di belakang kantor Sat Narkoba Polda Riau ini.

"Kami  mewajibkan semua jamaah yang akan beribadah wajib cek suhu tubuh menggunakan termometer gun di depan pintu masuk masjid . Dan setiap salat Jumat dibeberapa  ditempatkan juga disediakan hand sanitizer dan sabun cuci tangan siap pakai sebelum berwudhu," kata Andre.

Selaku pembina teritorial, Babinsa  sangat concern melakukan tindakan-tindakan pencegahan paparan Covid-19 di lingkungan tugasnya. Kegiatan penyemprotan disinfektan pun akan dilaksanakan secara berkelanjutan demi memberi keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat. Baik di rumah -rumah ibadah maupun perumahan yang berada dilingkungan kelurahan Simpang Empat.

" Hari ini ancaman paparan Covid-19 sudah sangat nyata, penyemprotan disinfektan ini adalah salah satu upaya kami mencegah paparan Covid-19. Kegiatan ini akan kami lakukan secara berkelanjutan, semoga bisa membuat seluruh masyarakat kelurahan Simpang Empat khususnya jamaah bisa beribadah dengan nyama dan khusyu'," sebut Andre 

Selain itu, lanjut Andre , dalam upaya edukasi warga, Babinsa bersama RT dan RW memberikan edukasi terkait Covid-19 terutama penegakan disiplin protokol kesehatan yang sudah menjadi anjuran pemerintah.

"Termasuk juga dalam kondisi terburuk, Babinsa juga ikut  turun bertugas memberikan bantuan  penanganan awal apabila ada warga yang diduga terinfeksi virus," sebutnya 

Babinsa pun berharap dengan berbagai upaya memutus mata rantai penyebaran wabah ini, masing-masing warga pun dapat memberikan edukasi serupa di lingkungan sekitarnya.Sehingga, diharapkan penyebaran wabah ini pun dapat segera berakhir dan tidak ada lagi masyarakat yang terpapar wabah ini. 

Dalam kesempatan itu Wadanramil 02 Kota,  Kapten Arh Febrizal yang diwakili  Batuud Koramil 02 Kota, Peltu Rudi Hartono menuturkan, pihaknya selalu mendukung penuh giat positif yang dilakukan seluruh babinsa yang terus menjadi garda terdepan penyebaran covid di tingkat kelurahan.

"Babinsa Koramil 02 Kota Kodim 0301 Pekanbaru yang tersebar di enam kelurahan di Kecamatan Pekanbaru Kota , yakni Sukaramai, Tanahdatar, Kotabaru, Kota Tinggi, Sumahilang dan Simpang Empat selalu kita dorong untuk menjadi agen perubahan, inisiator di tingkat kelurahan memutus mata rantai penyebaran covid-19," kata Peltu Rudi Hartono didampingi Bati Komsos Peltu Syafrizal dan Pelda Emil Zamri di Makoramil 02 Kota.

Peltu Rudi Hartono pun mengimbau warga untuk selalu disiplin menerapkan 3M+1 H dalam kehidupan sehari-hari.

"Mari disiplinkan diri dan keluarga, implementasikan gerakan mencuci tangan , menjaga jarak, memakai masker serta hindari kerumunan. Disiplinmu menjagaku dan disiplinku menjagamu," pesannya.

 

#kesehatan

Index

Berita Lainnya

Index